5 Cara Mengenali dan Mengatasi Kulit Berminyak

Arinku.com - Memiliki masalah kulit berminyak memang bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman. Selain bisa membuat wajah terlihat mengkilap, juga bisa mempengaruhi dalam penggunaan makeup.  Apalagi, minyak pada kulit bisa menyebabkan munculnya komedo, tersumbatnya pori-pori, dan bisa memicu munculnya masalah jerawat.

Cara Mengenali dan Mengatasi Kulit Berminyak

Menurut sebagian orang, memiliki kulit berminyak bisa mengurangi rasa percaya diri. Tapi sebelum mengatasi kulit berminyak tersebut, ada baiknya untuk mengali dahulu penyebab terjadinya berminyak pada kulit. Dilansir dari stylecrae.com, berikut ada 5 Cara Mengenali dan Mengatasi Kulit Berminyak.

1. Lingkungan

Ternyata lingkungan bisa menjadi penyebab utama terjadinya kulit berminyak. Dengan cuaca yang panas, bisa membuat kulit berkeringat dan berminyak. Selain itu, polusi udara dan kondisi lingkungan lainnya juga bisa memicu kulit menjadi berminyak.

Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan untuk selalu membersihkan wajah dan menggunakan produk perawatan wajah yang tepat. Juga disarankan untuk menggunakan produk yang mengandung tabir surya agar melindungi kulit.

2. Genetika

Kulit berminyak juga bisa bersifat turun-temurun. Jika ayah atau ibu Anda memiliki masalah kulit berminyak, ada kemungkinan kalau anda juga akan mengalaminya.

3. Kosmetik yang berlebihan

Penggunaan makeup yang tebal dan berlebihan untuk menutupi jerawat dan noda hitam pada wajah, biasanya saat dibersihkan kebanyakan orang memilih untuk menggosok kulit dan memberikan tekanan di wajah. Hal tersebut bisa memicu terjadinya kulit berminyak. Untuk mengatasinya, disarankan untuk menggunakan toner dengan kualitas yang baik dan mudah digunakan untuk membersihkan sisa makeup.

4. Perubahan hormonal

Perubahan hormon yang terjadi pada tubuh anda sangat mempengaruhi terjadinya produksi minyak di kulit. Pada wanita, hormon androgen berfluktuasi sepanjang hidup, yaitu pada pra menopause atau selama kehamilan. Hormon ini ternyata menghasilkan kelenjar sebaceous yang selanjutnya menghasilkan kulit berminyak.

5. Stres

Saat seseorang sedang stres, kulitnya cenderung akan memproduksi androgen secara berlebih yang bisa memicu terjadinya kulit berminyak. Selain itu proses diet yang tidak sehat juga bisa menjadi penyebab kulit berminyak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel