4 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Tidak Manja

Arinku.com - Bisa dibilang hampir seluruh orang tua di dunia pasti berharap anak-anaknya bisa tumbuh menjadi anak yang baik, berkarakter, bisa dibanggakan, dan memiliki sifat-sifat positif. Dibutuhkan berbagai perlakuan khusus untuk mendidik anak agar bisa seperti ini.

4 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Tidak Manja

Namun sayangnya, banyak orang tua yang malah salah dalam mendidik anak-anak mereka. Perasaan sayang yang begitu besar membuat mereka rela melakukan apa saja demi membahagiakan anak, bahkan ada juga yang memberikan apa saja yang diinginkan oleh sang anak. Padahal hal ini bisa membuat anak menjadi manja dan tidak mengerti arti berusaha untuk mendapatkan sesuatu.

Biasanya anak yang dibiasakan hidup dengan nyaman dan tidak pernah merasa kesulitan di dalam hidupnya akan cenderung menjadi anak yang tidak mandiri. Tentu sebagai orang tua Anda tidak ingin memiliki anak yang seperti itu kan? Sebagai orang tua, Anda harus berhati-hati dalam mendidik anak.

Berikut ini merupakan beberapa Cara Mendidik Anak Agar Mandiri yang bisa dilakukan.

1. Jangan menuruti seluruh keinginan anak

Meski sangat menyayangi anak Anda, jangan pernah menuruti seluruh keinginannya. Jangan biasakan anak bisa mendapatkan segala sesuatunya dengan mudah, bahkan tanpa usaha apapun. Tindakan seperti ini hanya akan membuat anak menjadi manja dan selalu mengandalkan orang lain.

Apabila anak sudah dibiasakan seperti ini, maka ia akan memahami bahwa tidak semua yang diinginkan bisa dicapai dengan mudah tanpa berusaha. Selain itu, Anda juga harus membiasakan mereka untuk mengerjakan tugasnya sendiri supaya bisa bertanggungjawab.

2. Mendidik anak untuk bertanggung jawab

Selain dididik untuk bertanggungjawab terhadap tugas yang dimiliki, sebaiknya anak juga diberikan tugas dan tanggung jawab terhadap seluruh barang yang menjadi miliknya. Jangan biarkan mereka memperlakukan barang-barang yang dimiliki dengan sembarangan, terlebih karena mereka merasa mendapatkan barang tersebut dengan mudah. Coba ajari mereka untuk bertanggungjawab dengan barang yang dimiliki dengan cara menyuruh anak membereskan mainan pada saat selesai bermain.

3. Mengajak anak menabung

Tips selanjutnya untuk mendidik anak menjadi mandiri ialah dengan mengajari mereka menabung. Biasakan si anak untuk menyisihkan uang sakunya, kemudian suruh mereka untuk menyimpan uang tersebut ke dalam celengan atau rekening bank. Walaupun jumlahnya sedikit juga tidak apa-apa. Biasakan dari jumlah yang kecil saja terlebih dahulu, tidak perlu langsung dalam jumlah yang besar. Dengan membiasakan mereka menabung, maka anak akan terbiasa untuk hidup hemat.

Mereka juga akan memiliki pemikiran akan masa depan, di mana uang jajan mereka harus disisihkan untuk membeli sesuatu yang mereka inginkan di masa mendatang. Selain itu, si anak juga akan memiliki sikap mandiri di mana mereka tidak akan mengharapkan siapapun untuk membeli barang yang mereka inginkan.

4. Tidak banyak melarang

Mungkin selama ini apabila Anda banyak melarang anak artinya Anda memang perhatian dengan anak. Sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya benar. Memang benar apabila orang tua memiliki rasa takut apabila hal-hal terburuk bisa terjadi pada anaknya. Namun rasa keingintahuan anak terhadap dunianya membuat mereka ingin mencoba berbagai macam hal dengan leluasa. Jangan melarang atau memberi batasan bagi anak untuk melakukan berbagai macam hal yang mereka ingin lakukan.

Sebenarnya tidak masalah untuk melarang demi keamanan mereka. Namun benar-benar pikirkan, apakah hal yang akan dilakukan si anak benar-benar berbahaya atau Anda saja yang terlalu berlebihan? Larangan yang Anda lakukan hanya akan membuat anak menjadi penasaran. Bisa saja mereka malah melakukan hal-hal yang negatif, misalnya saja berbohong. Coba lakukan komunikasi dua arah yang baik. Apabila menurut Anda memang berbahaya, jangan langsung melarang mereka. Namun berikan mereka informasi mengenai risiko-risiko yang mungkin bisa terjadi. Mintalah mereka untuk berhati-hati terhadap risiko tersebut.

Beberapa Cara Mendidik Anak Agar Mandiri di atas bisa Anda lakukan jika ingin si anak bersikap tidak manja dan tidak banyak berharap pada orang lain. Didiklah anak seperti ini sejak kecil, jangan tunggu ia hingga dewasa. Ingat, anak memang titipan dari Tuhan yang harus Anda sayangi sepenuhnya. Namun jangan sampai salah mendidik mereka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel