Cara Mengatasi Pilek Pada Anak Secara Alami

Arinku.com - Adakalanya, anak-anak kita sekarang ini seringkali mengalami gangguan kesehatan akibat perubahan cuaca yang tidak terduga. Dan yang paling sering adalah flu dan pilek. Tanda-tanda pertama dari pilek: loyo, umumnya batuk, demam dan hidung meler. Penyebab penyakit ini dapat disebakan dari suhu, virus, serta kontaminasi dari orang-orang sekitarnya.

Cara Mengatasi Pilek Pada Anak Secara Alami

Banyak pilihan obat saat ini yang dapat dikonsumsi untuk mengobati pilek. Bahkan di televisi seringkali kita melihat aneka iklan obat-obatan yang diperuntukkan bagi dewasa, sampai yang khusus dirancang untuk anak-anak dari berbagai usia. 

Akan tetapi, seringkali orangtua tanpa berkonsultasi dengan dokter langsung membeli obat tersebut, dengan alasan bahwa tidak cukup waktu untuk mengunjungi dokter anak. Padahal belum tentu obat tersebut sesuai dengan penyakit dan kemampuan tubuh sang anak.

Akan lebih baik jika kita menggunakan obat-obatan tradisional daripada obat kimia sebagai Pertolongan Pertama Pilek Untuk Anak. Karena terbuat dari bahan yang alami, menghindari resiko terkena efek samping dari zat kimia. Banyak tumbuhan dan herbal yang berfungsi sebagai obat untuk pilek. Tinggal kita saja yang perlu mengenal cara pengobatan secara alami lebih dalam. 

Sebelum memulai pengobatan, bunda harus terlebih dahulu menentukan pusat dan jenis penyakit. Adakalanya pilek disertai gejal yang berbeda-beda, mungkin hanya pilek sedikit, sakit tenggorokan, atau sebaliknya. Selanjutnya Anda harus menentukan perawatan terhadap organ yang sakit.

Jika sang anak batuk disertai sakit tenggorokan sebaiknya berkumur dengan obat herbal khusus. Dapat juga dengan cara cukup meminum susu hangat dengan madu jika anak tidak alergi. Cara lain, bisa juga dengan menghirup uap di atas air panas yang dicampurkan minyak angin. Lakukan juga pijatan untuk menghangatkan badan dengan menggosok dengan minyak telon di punggung, dada dan kaki anak, dan kemudian bungkus dengan baik.

Selain langkah pengobatan diatas, ciptakan lingkungan yang nyaman dan bersih agar kontaminasi virus dan bakteri tidak menyebar. Hal ini penting untuk diperhatikan dalam pengobatan penyakit, baik untuk anak-anak dan orang dewasa. Satu lagi pertimbangan penting dalam pengobatan pilek adalah banyak minum air hangat. Anda dapat membuat susu coklat, dan teh khusus anak-anak untuk pilek yang banyak dijual di apotik. Dengan berbagai macam terapi, pengobatan pilek untuk anak-anak dapat dilakukan di rumah.

Demikianlah tadi beberapa cara alami mengatasi pilek pada anak yang dapat kami sampaikan untuk anda. Namun, karena kita berbicara tentang kesehatan anak tentunya hal ini tidak bisa dianggap remeh. Dianjurkan untuk berkonsultasi secara teratur dengan dokter anda untuk mengetahui obat dan solusi secara medis. 

Semoga ulasan diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat serta menjadi referensi bagi para orang tua ketika sang buah hati mengalami gangguan kesehatan ringan, dalam hal ini pilek. Salam sehat selalu!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel