5 Cara Menidurkan Bayi Baru Lahir Yang Tepat Dan Mudah

Arinku.com - Bahagianya memiliki bayi baru menjadi pengalaman dan perasaan bahagia tersendiri bagi pasangan suami istri yang kedatangan anggota keluarga baru dalam kehidupan mereka. Bukan lagi sebuah hal yang aneh jika kemudian perhatian mereka tersita dengan adanya buah hati.

5 Cara Menidurkan Bayi Baru Lahir Yang Tepat Dan Mudah

Dari terbit hingga tenggelamnya matahari, fokus pada buah hati seolah menjadi hal yang selalu menyenangkan dan tidak ada lelahnya. Lama kelamaan, hal ini akan berakibat buruk bagi orang tua itu sendiri. Kekurangan jam istirahat malam misalnya. Belum lagi jika anak terbangun di malam hari karena berbagai sebab. Jangankan terbangun di tengah malam, menidurkan anak pun bisa jadi perkara sulit.

Jika kondisi ini dibiarkan terus-menerus, orang tualah yang menjadi pihak paling lelah dan justru lebih mudah sakit karena tidak mendapatkan istirahat cukup. Tidak mungkin kan orang tua harus ‘tumbang’ karena menghadapi buah hati yang sulit tidur?

Lantas, bagaimana menghadapi dan mengatasi bayi baru lahir yang sulit tidur? Berikut ini merupakan beberapa Cara Menidurkan Bayi Baru Lahir dengan tepat yang bisa dilakukan.

1. Jangan menunda pada saat bayi mulai mengantuk

Sama seperti orang dewasa, jangan tunda untuk tidur malam ketika sudah mulai mengantuk. Bayi juga harus segera ditidurkan begitu orang tua mengetahui bahwa bayi sudah kerap kali menguap dan hendak terlelap. Usahakan untuk tidak membuat kontak mata lebih lanjut. Terjadinya kontak mata antara orang tua dengan bayi akan meningkatkan detak jantung bayi sehingga tekanan darah menjadi meningkat. Perasaan kantuk pun hilang dan Anda akan membutuhkan waktu lagi untuk membuatnya mengantuk dan terlelap.

2. Lakukan pada saat mandi air hangat

Bukan hanya orang dewasa yang bisa menjadi lebih rileks setelah mandi air hangat. Bayi pun juga bisa menjadi lebih rileks dan lebih mudah untuk terlelap jika orang tua memberikan waktu mandi air hangat. Mandikan bayi dengan cara mengusap handuk yang dibasahi air hangat lpada kulit bayi secara halus dan lembut sembari memberikan pijatan yang dapat melemaskan otot tubuh. Hal ini akan mempercepat bayi untuk segera tidur.

3. Kondisikan ruangan dalam suhu tertentu

Berbeda dengan orang dewasa yang bias menyesuaikan kebutuhan tidur mereka dengan suhu yang berfluktuasi. Usahakan untuk memposisikan kamar tidur pada suhu terbaik bagi bayi untuk bisa tidur dengan nyenyak. Suhu optimal yang disarankan untuk kamar tidur bayi adalah 16 hingga 20 derajat Celcius. Jangan sampai suhu kamar bayi menjadi terlalu gerah atau panas karena hal ini berpotensi menimbulkan risiko kematian bayi secara mendadak atau SIDS.

4. Menerapkan teknik Bedong
Cara menidurkan bayi yang baru lahir berikutnya adalah dengan menggunakan teknik bedong. Teknik ini dipercaya membuat bayi merasa aman dengan tangan yang terkontrol dan minim risiko bayi mencakar wajahnya sendiri. Teknik bedong ini hanya sedikit erat ketika hendak menidurkan bayi, sementara ketika bayi sudah terlelap dalam tidurnya, longgarkan sedikit bedongan tersebut agar pernafasan bayi tidak terganggu dan aliran darahnya tetap bisa lancar.

5. Membiasakan Waktu Tidur Bayi

Bayi memang mempunyai keunikan masing-masing dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya. Dalam membiasakan waktu tidurnya juga berbeda-beda. Metode yang dipakai untuk membuat bayi bisa mudah tertidur lelap juga harus disesuaikan. Ada beberapa metode yang terkenal, antara lain metode ferberizing, metode no cry, metode long goodbye, dan metode self soothing. Metode ferberizing merupakan metode menidurkan bayi dengan cara membiarkan bayi menangis hingga tertidur.

Kemudian metode no cry dipakai untuk menitikberatkan antara kedekatan bayi dengan orang tua. Sebenarnya metode ini cocok bagi Anda yang tidak ingin bayi menangis sepanjang malam. Untuk metode long goodbye, biasanya digunakan bagi orang tua yang memiliki kesibukan, sehingga harus ada batasan secara perlahan dengan bayi. Metode self soothing akan membiarkan bayi untuk tidur sendiri dengan membiasakan mereka menaati jadwal tidur, kemudian menenangkannya dengan verbal.

Beberapa tips dan Cara Menidurkan Bayi Baru Lahir diatas bisa Anda terapkan di rumah. Semoga beberapa tips di atas dapat membantu Anda menidurkan si kecil lebih cepat, sehingga Anda pun bisa mendapatkan jam istirahat yang memadai dan berkualitas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel