Tips dan Cara Mengajarkan Agar Anak Mandiri Sejak Usia Dini

Arinku.com - Anak pada awalnya memiliki ketergantungan besar pada orangtua. Sebab mereka belum memiliki kemampuan yang baik untuk menyelesaikan pekerjaan mereka sendiri. Namun ketergantungan tersebut perlahan akan terkikis dengan usia yang bertambah dan kemampuan motorik kasar dan halus yang sudah berkembang. Sejalan dengan tersebut orang tua harus mendorong anak - anaknya untuk mandiri.

Tips dan Cara Mengajarkan Agar Anak Mandiri Sejak Usia Dini

Berikut ini adalah lima Cara Mengajarkan Anak Agar Mandiri yang bisa membantu anak Anda agar lebih bisa mandiri.

Motivasi Anak Melakukan Pekerjaannya sendiri

Biarkan anak anda melakukan pekerjaannya sendiri, misalnya memilih baju, memilih permainan. Tahanlah diri Anda untuk tidak melakukan penawaran padanya dengan ikut memberi Ia pilihan. Cukup anggukan apa yang anak pilih meskipun itu tidak sesuai dengan selera Anda. Beri Ia kepercayaan untuk melakukan apa yang Ia inginkan, sejauh itu tidak membahayakan dirinya. Kepercayaan dan motivasi yang ayah dan bunda tanamkan padanya akan membangun motivasi dan kepercayaan dirinya agar ia bisa lebih mandiri.

Beri Mereka Pekerjaan yang Mudah

Pada saat Anda melakukan pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci piring, dan membersihkan rumah, biasanya anak akan menawarkan dirinya untuk turut membantu, saat itulah kesempatan Anda untuk mengasah kemandiriannya, berikan Ia perkerjaan yang mudah dilakukan dengan usianya. Kadang pekerjaan yang Ia lakukan tidak sempurna, karena menyisakan pekerjaan atau kadang Ia bosan dan meninggalkan perkejaan tersebut. Yang penting mereka sudah mau membantu dan menunjukan keinginan untuk mandiri.

Beri Pujian pada si Kecil

Jangan biarkan jiwa anak Anda mengerdil karena sebagai orang tua kita tidak pernah memberikan pujian. Berikan Ia pujian ketika berhasil melakukan hal-hal yang baik. Berikan dia kata-kata yang baik ketika Ia bisa menuntaskan pekerjaannya. Karena ketika si Anak mendapat pujian, maka otomatis anak termotivasi untuk mengulangi pekerjaan tersebut.

Beri Bantuan pada Mereka

Jangan berharap banyak bahwasanya anak bisa konsisten terus melakukan pekerjaan mereka sendiri. Tentu, adakalanya kadang mereka akan merasa bosan, acuh dan malas melakukan kegiatan kemandirian mereka. Jika anak - anak mengalami kondisi seperti ini, orang tua harus menawarkan bantuan. Misalnya, ketika selesai bermain anak kadang enggan merapikan mainan, bantulah Ia merapikan mainannya.

Beri Hadiah Langsung

Berilah hadiah pada anak ketika ia mengerjakan kegiatan kemandirian dalam hidupnya. Misalnya, ketika sang anak bisa merapikan tempat tidur, merapikan mainan setelah bermain, atau menyuci piring sendiri. Dengan hadiah anak pasti merasa istimewa. Semoga dengan itu ia bisa melakukan kemandirian yang lain.

Demikianlah tadi lima Cara Mengajarkan Agar Anak Mandiri yang dapat anda lakukan untuk melatih kemandirian anak sedini mungkin. Semoga ulasan diatas dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk anda dalam mengajarkan kemandirian untuk buah hati anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel