10 Tips Mengatasi Bayi Sering Menangis dan Rewel

Arinku.com - Jika anda seorang bunda dan bayi anda terkadang menangis terus dan rewel yang bisa membuat anda frustasi ? maka jangan cepat menyalahkan bayi, silahkan simak ulasan berikut bagaimana Tips Mengatasi Bayi Sering Nangis dan Rewel : 

10 Tips Mengatasi Bayi Sering Menangis dan Rewel

1. Menyelimuti Bayi dengan Kain

Dengan cara menyelimuti bayi anda dengan kain adalah teknik dan cara kuno yang sudah di ajarkan ibu kita terdahulu, namun cara ini cukup ampuh untuk meredam tangisan bayi dan membuat bayi anda nyaman tentunya. Anda bisa menggunakan bahan pembungkus dari bahan yang lembut, selimut ataupun bahan sejenis yang dapat membuat bayi nyaman. Pertanyaan yang sering ada di benak para bunda adalah, Seberapa kencang saya harus mengikat bayi saya ?

jawaban simplenya adalah sampai bayi anda merasa nyaman, jangan terlalu kencang/ ketat yang bisa membuat bayi kesulitan bernafas, yang terpenting sampai bayi tidak bisa memainkan tangan dan kakinya secara bebas.

2. Ganti posisi saat menggendong bayi

Jika anda merasa dengan posisi gendong dengan wajah bayi menghadap ke atas dan bayi tetap saja menangis, maka anda patut mencoba teknik membalikkan posisi bayi ke arah samping (kedepan) dan posisi kepala bayi berada di siku lengan anda. Dengan begini, tekanan sekitar perut bayi akan bisa melepaskan zat dan gas yang membuat bayi tidak nyaman.

3. Menenangkan Bayi dengan DOT

Cara ini terbukti ampuh dengan memberikan bayi anda DOT saat ia menangis dan juga ia akan merasa sedang disusui bundanya. Para ahli telah mempelajari bahwa DOT juga satu satunya cara agar bayi terhindar dari SIDS.

4. Membisikan “sshhh…”

Tahukah anda, hanya dengan kata-kata “sshh….” saja itu akan membuat bayi anda merasa aman dan bahkan bisa membuat ia tertidur pulas. Usahakan membisikkan kata kata “sshhh….” seakan anda menina bobokan dia, mungkin bisa dengan di padukan dengan lagu nina bobo dsb. Mulailah men Ssshhh bayi anda di dekat daerah telinganya secara perlahan dan lembut hingga ia terdiam dan tertidur pulas.

5. Mengajak Jalan Jalan

Salah satu cara agar menenangkan bayi ketika menangis adalah dengan mengajaknya berjalan jalan menggunakan baby walker, usahakan ajak jalan yang jauh dari pusat keramaian dan tempat yang menimbulkan kebisingan. Selain itu bisa juga anda menggunakan ayunan atau kursi yang dapat bergoyang supaya bayi anda dapat tidur setelahnya ia menangis.

6. Memijat Bayi

Jangan lupa gunakan kekuatan sentuhan jari anda pada bayi rewel dan nangis. Banyak bayi akan menyukai kontak fisik kulit. Parah ahli telah menemukan bahwa bayi yang sering di pijat oleh bundannya akan lebih sedikit kesempatanya untuk menangis ketimbang bayi yang jarang di pijat.

Lakukan saja dengan dimulai dengan melepaskan semua baju dan celana bayi, lalu mulai lah pijat secara perlahan diantara kaki bayi, tangan, punggung belakang, leher dan di bagian muka. Dan cara ini biasanya juga akan membuat bunda merasa nyaman dan tenang.

7. Menggendong Bayi di Punggung

Ada kultur di beberapa daerah yang telah terbiasa menggendong anaknya di punggung belakang. Cara ini sangat efektik, ketika bayi berada di kain sarung di belakang anda, ia akan merasa hangat, nyaman dan goyangan pergerakan tubuh anda dapat juga membuat ia seolah olah di ayun, bahkan ia pun dapat pula tertidur pulas. Selain daripada itu, posisi kedua tangan bayi pun dapat pergerakan bebas

8. Buat Bayi Bersendawa

Bayi yang menangis akan banyak menghirup udara dimana akan berdampak masuk angin dan juga mengakibatkan bayi tidak nyaman. Pada situasi seperti ini cara yang ampuh adalah dengan menggendong bayi anda dengan posisi kepala bayi di punggung dan biarkan dia bersender di punggung dan metode lainnya adalah berbaring menghadap ke bawah di pangkuan Anda.

9. Bersihkan diri Anda

Memang, mengurus bayi yang menangis malam demi malam terkadang membuat kita frustasi , kurang tidur dan kepala menjadi sering pusing, bahkan jika kita sambil memikirkan hal-hal lain seperti pekerjaan dan urusan rumah tangga. Namun jangan salahkan bayi anda, anda hanya butuh istirahat yang cukup dan bersihkan diri anda dengan mandi yang bersih dan sehat.

Tidak ada salahnya jika anda memang kelelahan pada saat itu dan gantikanlah dengan orang terdekat di rumah untuk sementara mengurus bayi anda yang menangis. Dan ketika anda membersihkan diri anda sementara bayi anda menangis itu tidak salah dan normal, anda pun patut menjaga kebersihan diri untuk semata mata buat bayi anda juga dan menyegarkan tubuh dan pikiran.

10.Membawanya ke Dokter

Jika anda merasa khawatir akan tangisan bayi anda yang tidak normal, maka anda perlu khawatir, segeralah hubungi dokter spesialis yang biasa menangani bayi anda. Dokter akan bisa memberikan nasihat medis dari mulai nutrisi, asupan makanan dan penyebab hal lainnya.

Demikianlah tadi beberapa Tips Mengatasi Bayi Sering Menangis dan Rewel. Semoga saja beberapa tips diatas bisa menjadi referensi informasi yang bermanfaat ya bund.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel