Hipertensi Pada Anak, Penyebab dan Cara Menanganinya

Arinku.com - Kebanyakan orang berpikir bahwa tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi yang terjadi pada orang yang lebih tua. Di masa lalu, hal ini mungkin benar adanya, namun saat ini, tekanan darah tinggi dapat terjadi pada berbagai usia, termasuk pada anak-anak. 

Hipertensi Pada Anak, Penyebab dan Cara Menanganinya

Tekanan darah adalah kekuatan darah ketika mengalir dalam pembuluh darah. Dalam kondisi normal, jantung memompa darah melewati pembuluh darah di seluruh tubuh. Pembuluh darah melebar dan berkontraksi sesuai kebutuhan untuk menjaga darah agar dapat tetap mengalir dengan baik. Pada penderita hipertensi, darah terlalu kuat menekan bagian pembuluh darah, sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, jantung, dan organ lainnya.

Sama seperti orang dewasa, Hipertensi Pada Anak dapat berdampak pada masalah kesehatan yang serius, meliputi :
  • Penyakit jantung
  • Penyakit ginjal
  • Stroke
Obesitas dan Hipertensi Pada Anak-anak

Faktor resiko tekanan darah tinggi pada anak-anak meliputi obesitas dan riwayat keluarga. Faktor resiko lainnya meliputi masalah kesehatan seperti sleep apnea (mendengkur) atau gangguan tidur lainnya.

Obesitas dianggap sebagai faktor resiko utama tekanan darah tinggi pada anak-anak. Obesitas tidak hanya menempatkan anak anda dalam faktor resiko tekanan darah tinggi saja, namun juga berbagai masalah kesehatan lainnya seperti penyakit jantung dan diabetes.

Apa penyebab obesitas? Terkadang obesitas dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan lainnya. Namun, pada kebanyakan kasus obesitas disebabkan oleh kombinasi 2 faktor berikut ini :

- Terlalu Banyak Makan

Beberapa anak makan lebih banyak makanan dibandingkan kebutuhan tubuh mereka. Obesitas juga dapat terjadi ketika diet anak dipenuhi oleh tipe makanan yang salah, seperti snack yang tidak sehat dan minuman manis. Untuk alasan tersebut, sangat penting untuk memantau kualitas dan kuantitas makanan yang dikonsumsi anak-anak kita.

- Terlalu Sedikit Aktifitas

Beberapa anak tidak cukup beraktifitas dan menghabiskan berjam-jam setiap hari dengan menonton TV atau bermain video game.

Penanganan Hipertensi Pada Anak-anak

Peneliti masih mencoba menentukan cara yang paling efektif untuk menangani tekanan darah tinggi pada anak-anak. Secara umum, penanganan tekanan darah tinggi pada anak-anak tidak terlalu berbeda dengan orang dewasa. Bekerjasamalah dengan dokter untuk mencari tahu rencana perawatan yang terbaik bagi anak anda. Berikut ini adalah beberapa panduan umum :

Ikuti DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) Diet

DASH diet mengurangi makanan rendah lemak dan memperbanyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran serta makanan yang terbuat dari biji gandum. Membatasi asupan garam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah anak. Ahli gizi dapat membantu anda mencari jalan untuk mencapai tujuan ini.

Pantau Berat Badan Anak Anda

Kelebihan berat badan meningkatkan resiko terjadinya tekanan darah tinggi. DASH diet dan latihan fisik secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan anak anda.Lindungi anak anda dari asap rokokAsap rokok dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu juga dapat secara langsung merusak jantung dan pembuluh darah anak anda.

Jika tekanan darah anak anda terlalu tinggi atau tidak memberi respon yang baik terhadap perubahan pola hidup, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan. Mungkin membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan kombinasi obat yang terbaik untuk mengendalikan tekanan darah dengan efek samping yang minimal. Obat-obatan yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah pada anak-anak meliputi :
  • Diuretics untuk mengurangi kadar cairan dalam darah dengan cara membantu tubuh membuang kelebihan sodium (natrium).
  • ACE inhibitors, alpha-blockers, dan calcium channel blockers membantu mencegah penyempitan pembuluh darah.
  • Beta-blockers mencegah tubuh memproduksi adrenalin. Adrenalin merupakan hormon stres, yang membuat jantung berdetak lebih kuat dan cepat, serta menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Semua hal tersebut dapat menyebabkan peningkatan pembuluh darah.
Bagaimana cara membantu anak anda untuk mengatasi hipertensi? Bantu anak anda untuk mengendalikan tekanan darahnya dengan mengikuti anjuran dokter secara seksama. Sebagai tambahan, anda dapat mengambil langkah-langkah berikut ini :
  • Batasi waktu yang dipergunakan anak anda untuk bermain video games dan menonton TV
  • Buat perubahan dalam pola makan dan bangkitkan kebiasaan berolahraga dalam keluarga. Semua anggota keluarga akan mendapatkan manfaat dari pola hidup sehat ini.
  • Pastikan anak anda mendapatkan pengukuran tekanan darah sesering yang direkomendasikan dokter.
Dengan bekerjasama dengan dokter dalam mengembangkan rencana perawatan yang komprehensif, anda dapat membantu anak dalam mengendalikan tekanan darahnya dan menikmati masa-masa yang sehat di tahun-tahun yang akan datang. Demikian tadi ulasan tentang Hipertensi Pada Anak, Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel