Ini 6 Manfaat Daun Dewa Untuk Kesehatan

Arinku.com - Daun dewa merupakan jenis tanaman obat yang biasa digunakan sebagai obat herbal tradisional. Tumbuhan yang satu ini dapat berkembang biak dengan stek batang atau pun umbi. Cara perawatannya cukup mudah. Selain berguna sebagai tanaman obat berkhasiat juga bisa berguna sebagai tanaman hias di rumah anda.

manfaat daun dewa untuk kesehatan
Foto : Grid.id
Apa saja Manfaat Daun Dewa? Tentu saja jawabanya banyak sekali. Antara lain kaya akan kandungan senyawa saponin, minyak astiri, flavonoid dan sebagainya. Kandungan pada daun dewa mampu menjaga kesehatan sekaligus menyembuhkan berbagai macam penyakit. Adapun manfaat daun dewa untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut.

Menurunkan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi adalah kondisi kesehatan kronis dimana tekanan darah di dalam arteri meningkat. Dengan mengonsumsi obat penghilang hipertensi tentu cukup banyak ditemukan, adapun obat herbal yang mampu mengatasinya yakni daun dewa. Hal ini karena kandungan sifat hipotesif ditemukan pada daun dewa yang dapat menurunkan darah tinggi.

Mengatasi Penyakit Rematik

Kebanyakan orang menyebutnya dengan asam urat yang tak lain adalah penyakit rematik. Biasanya gangguan kesehatan tersebut terjadi di bagian tulang persendian. Jika anda memang memiliki masalah semacam ini, setidaknya mengonsumsi ramuan dari rebusan daun dewa. Hal ini mampu mengatasai rematik secara efektif tetapi diminum secara rutin.

Sebagai Obat Luka

Dengan menumbuk umbi daun dewa yang ditambahkan dengan gula merah sampai olahan mirip seperti salep, sehingga dapat digunakan sebagai obat luka. Adupun luka yang bisa disembuhkan dari salep daun dewa tersebut adalah luka bakar atau luka goresan bahkan luka memar, namun cara mengolahnya berbeda yakni dengan mencampur daun jarak dan daun dewa pada luka memar.

Mengobati Stroke

Stroke adalah penyakit yang dapat merusak jaringan otak. Hal itu disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah arteri yang berfungsi dalam mengalirkan darah ke bagian otak. Dengan demikian, solusinya hanya dengan bahan alami berupa daun dewa selain dari pertolongan medis. Cara mengolahnya dengan diminum ramuan dari hasil rebusan daun dewa. Ingat selalu untuk menerapkannya secara rutin dan konsisten.

Pengobatan Diabetes

Diabetes atau penyakit kencing manis disebabkan akibat kadar gula dalam darah yang sangat tinggi. Untuk mengatasinya bisa mengonsumsi ramuan rebusan daun dewa. Oleh karena, sifat hipoglikemin yang ada pada tanaman daun dewa mampu membantu menurunkan kadar gula tersebut. Sebagai aplikasinya dikonsumsi minimal 1 kali sehari.

Meredakan Gangguan Haid

Saat menstruasi berlangsung wanita seringkali mengalami masalah. Biasanya siklus haid tidak normal atau tidak teratur. Namun, khasiat dan manfaat dari tanaman daun dewa dapat mengatasinya. Anda bisa membuat minuman dari halis rebusan atau tumbukan dari daun dwa yang dicampur arak dengan dipanaskan dahulu. Ada baiknya dikonsumi rutin agar gangguan haid anda berlangsung mereda.

Setelah anda membaca ulasan di atas tentu sudah tidak memandang sebelah mata bahwa tanaman daun dewa kaya sekali akan khasiat serta manfaatnya bagi kesehatan. Alangkah baiknya, jika anda membagikan artikel ini supaya semakin bermanfaat bagi semua orang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel