Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Arinku.com - Buah sirsak merupakan salah satu jenis buah yang memiliki rasa yang segar dan juga sedikit asam dengan tekstur khas nya yang berserat tinggi, biasanya buah sirsak ini kerap dikonsumsi dan digunakan untuk berbagai macam olahan makanan, atau biasa dijadikan jus buah yang segar dan juga nikmat. Selain buah sirsak, ternyata daun sirsak pun bisa anda manfaatkan sebagai salah satu bahan untuk pengobatan herbal, yang memang dari segi kandungannya, buah sirsak ini, memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahannya
Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan. Foto : detik.com
Daun sirsak ternyata memiliki kandungan nutrisi dan juga berbagai macam manfaat lainnya yang beragam dan baik untuk kesehatan tubuh anda, dan juga biasanya daun sirsak ini, kerap digunakan sebagai salah satu bahan utama dalam produk aneka obat – obatan herbal yang biasanya dijual dipasaran. Apa saja sebenarnya manfaat yang terkandung didalam daun sirsak ini untuk kesehatan dan obat herbal, berikut ini adalah beberapa Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan yang bisa anda ketahui.

Mengatasi diabetes

Diabetes atau penyakit kencing manis ini, merupakan salah satu jenis penyakit yang ada dikarenakan tingginya kadar gula darah didalam tubuh anda. Anda bisa mengkonsumsi daun sirsak ini sebagai obat herbal untuk membantu mengatasi diabetes, dan juga akan menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh anda.

Untuk pengolahannya sendiri cukup mudah. Rebuslah daun sirsak, lalu ambil satu gelas kemudian tambahkan sedikit madu. Anda bisa mencoba untuk meminum air rebusan daun sirsak ini, secara rutin untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh anda.

Melawan kanker

Manfaat lainnya dari daun sirak yang bisa anda dapatkan adalah mampu secara baik melawan kanker agar nantinya sel kanker yang ada didalam tubuh anda tidak tumbuh membesar dan bisa segera diatasi dengan baik. Daun sirsak memiliki zat anti kanker bernama zat proaktif, yang mampu membunuh sel kanker secara efektif. Daun sirsak ini dipercaya memiliki kemapuhan untuk membunuh sel kanker hingga 100 kali lipat.

Nah, untuk cara penggunaannya, rebuslah 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelar air mineral. Kemudian rebus dan sisakan hingga setengah gelas saja. Agar bisa mendapatkan hasil maksimal daun sirsak, cobalah untuk meminumnya setiap pagi.

Mengobati wasir

Manfaat selanjutnya dari daun sirsak untuk kesehatan adalah mampu membantu mengatasi wasir, yang mana akan bermanfaat membuat otot menjadi lebih rileks, dan akan mengurangi pembengkakan pada bagian anus. Selain itu, daun sirsak ini mampu menghentikan pendarahan yang terjadi akibat adanya wasir pada bagian anus.

Untuk cara penggunaannya juga cukup mudah. Siapkan 5 lembar daun sirsak dan 2 gelas air mineral, kemudian rebuslah hingga airnya tersisa satu gelas. Untuk hasil maksimal, minumlah air rebusan tersebut setiap pagi dan malam.

Mengatasi asam urat

Manfaat selanjutnya dari daun sirsak yang bisa anda ambil adalah mampu secara efektif mengatasi asam urat didalam tubuh. Kandungan purin yang tinggi dalam daun sirsak inilah yang akan membantu mengatasi asam urat secara efektif. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan membuat rebusan setidaknya 10 daun sirsak yang tua dicampur dengan 3 gelas, dan anda bisa mengkonsumsinya secara teratur selagi hangat.

Menurunkan kolesterol

Selain itu, manfaat lainnya yang ada pada daun sirsak yang baik untuk kesehatan adalah menurunkan kolesterol. Kolesterol jahat yang ada didalam tubuh ini memang memiliki peranan yang bisa menyebabkan tubuh terkena berbagai penyakit lainnya, seperti jantung, darah tinggi, dll. Selain mengkonsumsi air rebusan daun sirsak untuk menurunkan kolesterol, maka ada baiknya anda juga menurunkan kolesterol dengan menghindari aneka makanan yang memicu kolesterol jahat naik didalam tubuh.

Cara pengolahannya sama seperti biasa, pilih sepuluh lembar daun sirsak yang agak tua, dan rebuslah dengan 3 gelas air mineral. Pastikan untuk merebusnya sampai airnya tersisa setengahnya saja. Rebusan ini bisa diminum dalam keaadaan hangat maupun dingin. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, minumlah secara rutin setiap pagi.

Demikian beberapa manfaat dari daun sirsak untuk kesehatan dan juga obat herbal yang bisa anda coba ketahui dan peroleh untuk mengatasi masalah kesehatan anda. Semoga bermanfaat sebagai informasi untuk anda. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel