Faktor Penyebab, Gejala dan Cara Mencegah Infeksi Ginjal Pada Anak

Bakteri dan virus dapat masuk ke dalam kandung kemih melalui saluran uretra. Saluran uretra yaitu saluran yang mengeluarkan urine yang berasal dari kandung kemih. Bakteri dan virus yang masuk ini akan berpengaruh terhadap ginjal dan menyebabkan pielonefritis.

Pielonefritis ini merupakan infeksi pada ginjal yang disebabkan oleh bakteri dan virus yang masuk ke kandung kemih.

Faktor Penyebab, Gejala dan Cara Mencegah Infeksi Ginjal Pada Anak

Apabila infeksi ini sering terjadi secara berulang kali maka biasanya akan menyebabkan gagal ginjal. Walaupun infeksi ginjal ini jarang terjadi, tetapi infeksi ini lebih serius dibandingkan dengan infeksi pada saluran urine.

Infeksi ginjal ini lebih sering terjadi pada anak dibandingkan dengan orang dewasa . Khususnya sering terjadi lada anak perempuan dibandingkan Anak laki-laki.

Infeksi ginjal pada anak sering disebabkan oleh bakteri E.Coli yang berasal dari usus. Kebanyakan infeksi ginjal ini disebabkan oleh bakteri pada anus yang menyebar melalui uretra.

Faktor Penyebab Infeksi ginjal pada anak


Sedangkan beberapa faktor penyebab yang dapat meningkatkan berjadinya Infeksi ginjal pada anak :

Jenis kelamin

Untuk anak perempuan lebih mudah terkena infeksi ginjal karena saluran uretra pada anak perempuan lebih pendek dibandingkan dengan anak laki-laki. Sehingga bakteri akan lebih mudah mencapai kandung kemih. 

Gangguan pada saluran urine

Ada beberapa hal yang menyebabkan aliran urine melambat yaitu batu ginjal, kelainan struktur pada saluran urine, serta kelenjar prostat yang membesar dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada ginjal. 

Melemahnya sistem imun

Penyakit diabetes dan HIV dapat membuat lemah sistem imun, sehingga mengakibatkan infeksi pada ginjal.
 
Penggunaan kateter urine jangka panjang

Ketika seseorang dirawat di rumah sakit biasanya akan menggunakan kateter untuk mempermudah proses pengeluaran urine. Tetapi sebaiknya jangan menggunakan kateter terlalu lama, karena hal ini akan menyebabkan saluran kemih rusak dan terjadinya infeksi ginjal. 

Vesicoureteral reflux

Adanya aliran kencing yang mengarah balik ke ginjal akan mengakibatkan vesicoureteral reflux. Hal ini juga menyebabkan terjadinya infeksi ginjal. 

Penggunaan gelembung dalam bak mandi

Ketika kita mandi dalam bak mandi atau bathtub dengan menggunakan gelembung sabun maka akan sangat menyenangkan. Tetapi tahukah kamu bahwa penggunaan gelembung sabun tersebut bisa menyebabkan bakteri tersebut dapat mudah masuk ke dalam uretra. 

Pakaian ketat

Penggunaan pakaian yanng ketat tidak disarankan. Karena pakaian ketat dapat menyebabkan infeksi pada ginjal karena bakteri yang mengumpul pada area genital. 

Salah dalam membersihkan anus

Ada baiknya ketika anak sudah mulai belajar membersihkan diri di toilet maka ajari anak untuk melakukan pembersihan dengan benar,khususnya ketika habis Buang air.

Pembersihan yang benar arahnya dari depan ke belakang. Jika dilakukan dengan arah yang salah maka bisa membuat bakteri masuk melalui uretra. Hal ini yang bisa memyebabkan infeksi ginjal pada anak. 

Toilet kotor

Selalu berhati-hati ketika kita menggunakan toilet apalagi ditempat umum. Untuk toilet yang ada dirumah sebaiknya selalu kita bersihkan unyuk menjaga agar bakteri E.colibtidak bisa berkembang. Bakteri E.coli yang menyebabkan infeksi oada ginjal. 

Menunda buang air kecil

Sebaiknya kita jangan menunda untuk membuang air kecil. Menunda buang air kecil dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan infeksi ginjal. 

Gejala Infeksi ginjal pada anak


Ketika anak mengalami infeksi ginjal, maka gejala Infeksi ginjal pada anak yang tampak diantaranya adalah :

  • Anak menjadi rewel
  • Akan susah makan serta muntah
  • Badan menjadi lemas
  • Nyeri perut
  • Pertumbuhan menjadi tidak normal
  • Mengompol
  • Terdapat darah pada urine
  • Bau urine akan berbeda dan tidak seperti biasanya
  • Sakit kuning
Bila anak mengalami infeksi ginjal maka segeralah bawa anak ke rumah sakit terdekat agar segera dilakukan perawatan. Pada saat anak dilakukan rawat inap maka akan diberikan cairan melalaui infus. Hal ini dilakukan agar anak tidak mengalami dehidrasi.

Biasanya pasien rawat inap akan sembuh dalam waktu 3-7 hari. Namun setelah keluar dari rumah sakit maka anak perlu diberikan obat untuk dilakukan perawatan dirumah. 

Cara Mencegah Infeksi ginjal pada anak


Bagaimanapun tindakan mencegah penyakit, lebih baik dari pada dilakukan pengobatan. Oleh karena itu dibawah ini ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya Infeksi ginjal pada anak : 

Pastikan anak minum air putih yang cukup setiap hari 

Air putih dapat membunuh bakteri termasuk bakteri E.coli, sehingga anak terhindar dari infeksi ginjal. 

Janagan menahan saat akan membuang air kecil terlalu lama

Berilah selalu pengertian pada anak untuk tidak menahan buang air kecil dalam jangka waktu lama. Karena hal ini akan menyebabkan penyakit ginjal, disamping itu juga akan menyebakan infeksi ginjal. 

Jangan menggunakan bubble bath

Ini dikarenakan anak bermain gelembung sabun pada bathub sehingga akan lebih mudsh terserang infeksi ginjal. 

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi obat herbal

Beberapa obat-obatan yang terbuat dari herbal akan menyebabkan infeksi pada ginjal. Oleh karena itu jika anak mengalami infeksi pada ginjalnya maka jangan memberikan obat herbal. Tetapi yang harus kita lakukan adalah memeriksanya ke dokter. 

Jangan mengguankan pakaian ketat

Sebaiknya hindari menggunakan pakaian pada anak terlali ketat. Karena pakaian ketat ini akan menyebabkan berkembangnya bakteri pada anak

Selalu bersihkan area genital

Beri penjelasan dengan benar untuk membersihkan area genital. Pembersihan yang baik dimulai dari arah depan ke belakang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel