Kenali Tanda dan Gejala Tipes Pada Anak Umur 2 Tahun

Penyakit tipes merupakan penyakit yang sering dijumpai di masyarakat, tak terkecuali pada anak-anak. Biasanya anak-anak mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang tercemar oleh bakteri Salmonella thypi ataupun salmonella parathypi.

Bakteri tersebut banyak ditemukan pada tempat yang sudah tercemar tinja dan urine atau pada makhluk hidup disungai yang sudah terkontaminasi. Selain itu, juga terdapat pada bahan makanan mentah, serta produk olahan yang kurang memenuhi standar pada saat pengolahannya.

Kenali Tanda dan Gejala Tipes Pada Anak Umur 2 Tahun

Penyakit tipes juga bisa terjadi karena terjadi kontak langsung dengan penderita tipes yang kurang memperhatikan kebersihannya. Saat bakteri tersebut masuk kedalam tubuh, maka akan berkembang dengan cepat dan terjadilah penyakit tipes.

Penyakit ini sebenarnya bisa menyerang siapa saja, namun untuk gejala penyakit tipes pada anak umur 2 tahun diantaranya yaitu :

1. Lemas

Gejala penyakit tipes pada anak umur 2 tahun yang pertama adalah anak terlihat lemas. Ini dikarenakan pada saat anak terkena gejala penyakit tipes, sistem imun tubuh akan bekerja lebih ekstra dari pada biasanya. Hal inilah yang menyebabkan energi anak seperti terkuras sehingga terlihat lemas.

2. Diare

Diare terjadi umumnya karena pencernaan anak sedang bermasalah. Hal ini disebabkan bakteri menyerang dan menginfeksi sistem pencernaan sehingga usus banyak mengeluarkan cairan. Jadi hal inilah yang menyebabkan anak diare karena feses menjadi lembek dan cair.

Untuk mengatasi agar anak tidak kekurangan cairan pada saat terjadi diare maka berikan jus buah, air putih ataupun air kelapa.

3. Demam

Gejala penyakit tipes pada anak umur 2 tahun selanjutnya adalah demam. Demam bukanlah suatu penyakit, tetapi demam merupakan gejala atau tanda bahwa sistem imun sedang bekerja untuk melawan suatu penyakit. Jika anak mengalami tipes, maka biasanya demam akan berlangsung cukup lama. Kurang lebih selama 2 mingguan.

Biasanya pada siang hari demam akan turun, dan untuk suhu tubuhnya berangsur naik yang tadinya 37 derajat terkadang naik sampai 40 derajat. Biasanya jika anak sedang demam tinggi maka tidurnya akan mengigau.

Untuk memberikan pertolongan pertama usahakan anak selalu minum air putih agar anak tetap terhidrasi.

4. Nyeri perut

Pada saat anak umur 2 tahun, kemungkinan ia tidak bisa mengungkapkan apa yang dirasakannya. Namun kita sebagai orang tua bisa melihat tanda-tanda apabila anak merasa tidak nyaman.

Tanda-tanda tersebut terlihat dari anak yang sering rewel dan menangis. Jika anak sering memegangi bagian perutnya itu berarti ia merasakan nyeri pada perut.

Hal ini dikarenakan infeksi dari bakteri Salmonella yang menyebabkan infeksi pada bagian dinding usus. Sehingga anak akan merasakan sakit pada bagian perutnya.

5. Bintik-bintik merah di kulit

Perhatikan pada bagian kulit anak? Apakah muncul bintik-bintik merah? Jika muncul bintik merah tanpa cairan didalamnya kemungkinan besar anak terkena tipes. Selama terkena tipes, anak akan muncul bintik merah seperti ruam campak. Namun jangan khawatir karena bintik merah ini akan memudar dan hilang jika demam anak sudah menurun.

6. Lidah berwarna putih

Lidah pada bagian tengah jika anak terserang tipes biasanya berwarna putih. Dan biasanya ketika makan dan minum, anak akan merasakan pahit. Ini adalah salah satu gejala penyakit tipes pada anak umur 2 tahun yang orang tua harus perhatikan.

7. Muntah-muntah

Jika bakteri Salmonella yang menyerang anak sudah parah, maka biasanya anak akan sering muntah. Sebaiknya jangan memberikan makan anak terlalu banyak untuk mengatasi kekurangan nutrisinya, akan tetapi berikan makanan anak dalam porsi kecil dan sering.

8. Linglung

Gejala selanjutnya ketika anak terserang bakteri Salmonella yang sudah cukup parah adalah konsentrasi menurun dan anak juga akan linglung. Biasanya ini terjadi pada anak di minggu pertama saat terserang tipes.

9. Hilang nafsu makan

Jika anak terkena tipes pasti menyebabkan nafsu makan menjadi berkurang bahkan hilang. Sehingga anak yang terkena tipes biasanya berat badannya akan turun drastis sekali. Hilangnya nafsu maan tersebut dikarenakan badan anak terasa lemah,mubtah,lidah terasa pahit,demam,dan diare.

10. Pusing

Perhatikan kondisi anak, apakah ia sering menyentuh bagian kepalanya dan merasakan sakit yang luat biasa. Anak yang terkena tipes biasnaya kan merasakan pusing pada waktu sore hari dan malam.

Hal itu dikarenakan pada waktu sore hari bakteri Salmonella akan mengeluarkan racun dalam jumlah banyak sehingga pergerakannya meningkat. Hal ini yang menyebabkan Sistem imun bekerja lebih keras sehingga biasanya suhu tubuh anakpun akan naik.

Cara Penanganan Tipes Pada Anak Umur 2 Tahun


Itulah beberapa gejala penyakit tipes pada anak umur 2 tahun. Untuk penanganan yang lebih baik disarankan agar menghubungi pusat pelayanan kesehatan terdekat.

Biasanya dokter akan bertanya kepada orang tua tentang tanda-tanda yang dialami oleh anak serta riwayat penyakitnya. Setelah itu biasanya dokter akan mengambil sampel darah anak serta air kencingnya untuk diperiksa.

Hal ini dilakukan agar penyakit tipes pada anak bisa ditangani dengan cepat dan tepat. Karena jika tidak ditangani maka tipes akan berlangsung lama bisa sampai satu bulan bahkan lebih.


Setelah anak sudah sembuh dari penyakit tipes, maka usahakan agar selalu menjaga kebersihan diri ataupun lingkungannya. Kita bisa mengajari anak untuk mencuci tangan sebelum makan dengan menggunakan air mengalir dan sabun cuci tangan. Ini agar bakteri yang menempel pada tangan tidak bisa masuk ke dalam tubuh anak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel