Manfaat Alpha-lipoic Acid yang Jarang Orang Tahu

Asam lipoat atau Alpha-lipoic acid (ALA) mendapatkan sejumlah perhatian di beberapa tahun belakangan ini. Jenis asam ini merupakan senyawa organik yang berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh seseorang.

Pada dasarnya, tubuh anda sudah menghasilkan Alpha-lipoic acid secara alami, tetapi anda pun masih membutuhkan asupannya dari makanan demi mendukung kesehatan tubuh anda secara keseluruhan.



Penelitian sendiri telah menemukan bahwa asam lipoat ini memainkan peran penting terhadap penurunan berat badan, diabetes, dan beragam manfaat kesehatan lainnya yang akan kami bahas secara detail di bawah ini.

Apa Itu Alpha-Lipoic Acid?


Pertama-tama, mari kita berkenalan dulu dengan jenis asam yang satu ini. Alpha-lipoic acid pada dasarnya merupakan senyawa organik yang bisa anda temukan di dalam sel-sel manusia. Dibuat di dalam mitokondria dimana berfungsi dalam membantu enzim-enzim tubuh mengubah nutrisi menjadi energi.

Selain itu, asam ini juga memiliki sifat antioksidan yang kuat. Alpha-lipoic acid sangat larut terhadap air dan lemak, sehingga membuatnya mampu bekerja di dalam setiap sel atau jaringan di dalam tubuh anda. Sementara itu, kebanyakan antioksidan juga memiliki sifat yang sama.

Sifat antioksidan dalam alpha-lipoic acid telah dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan, termasuk mengurangi kadar gula darah, mengurangi peradangan, memperlampat penuaan kulit, dan memperbaiki fungsi saraf.

Manusia hanya memproduksi alpha-lipoic acid dalam jumlah yang kecil. Untuk alasan inilah anda butuh asupan tambahan baik dari makanan maupun suplemen. Produk hewani seperti daing merah dan jeroan merupakan sumber yang sangat baik akan alpha-lipoic acid, meskipun sayuran seperti brokoli, tomat, dan bayam juga memilikinya.

Adapun beberapa manfaat yang bisa anda petik dari mengkonsumsi alpha-lipoic acid sudah kami jabarkan di bawah ini.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Penelitian telah memperlihatkan bahwa alpha-lipoic acid memiliki efek menurunkan berat badan dengan berbagai macam cara. Penelitian terhadap binatang sendiri mengindikasikan bahwa alpha-lipoic acid dapat mengurangi aktivitas enzim Protein Kinase yang Diaktifkan AMP (AMPK – AMP-activated protein kinase), yang terletak di area hipotalamus otak anda.

AMPK yang terlalu aktif akan meningkatkan perasaan lapar anda. Jadi akan sangat menguntungkan jika anda mampu menekan aktivitas enzim yang satu ini. Selain itu, dengan menekan aktivitas AMPK maka dapat meningkatkan jumlah kalori yang anda bakar saat beristirahat.

Tetapi efek alpha-lipoic acid terhadap menurunkan berat badan hanya berdampak sangat kecil, dibandingkan dengan jenis nutrisi lainnya seperti protein dan serat.

Dalam sebuah analisa dari 12 penelitian menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi suplemen alpha-lipoic acid mampu menurunkan berat badan rata-rata sebanyak 0,69 kg.

Meskipun begitu, jenis asam ini bisa menjadi bantuan tambahan yang baik jika anda tengah menjalani proses menurunkan berat badan yang diimbangi dengan olahraga dan asupan protein yang tinggi.

2. Mengatasi Diabetes

Menurut WHO, diabetes telah menjangkiti di lebih dari 400 juta orang dewasa di seluruh dunia. Faktor resiko dari diabetes yang tak terkontrol adalah kadar gula darah yang meningkat tajam. Jika tidak diobati, maka dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti kehilangan penglihatan, penyakit jantung, dan gagal ginjal.

Alpha-lipoic acid sendiri telah terkenal sebagai obat untuk mengatasi diabetes karena telah terbukti mampu menurunkan kadar gula darah baik pada hewan maupun manusia. Dalam sebuah penelitian terhadap binatang sendiri memperlihatkan bahwa kadar gula darah bisa turun hingga 64%.

Sementara penelitian terhadap orang dewasa yang tengah menderita sindrom metabolik membuktikkan bahwa alpha-lipoic acid mampu mengurangi resistensi insulin dan penurunan glukosa darah puasa serta kadar HbA1c.

Para peneliti sendiri percaya bahwa alpha-lipoic acid mampu membantu menurunkan kadar gula darah dengan cara mempromosikan beberapa proses yang dapat menghilangkan lemak terkumpul di sel-sel otot, yang biasanya membuat insulin menjadi kurang efektif.

Terlebih lagi, alpha-lipoic acid dapat menurunkan resiko komplikasi diabetes dengan cara menenangkan gejala kerusakan saraf dan menurunkan resiko retinopati diabetes (kerusakan mata) yang terjadi akibat diabetes yang tak terkontrol.

Meskipun alpha-lipoic acid telah banyak terbukti mampu mengontrol kadar gula darah anda, tetapi tidak bisa digunakan sebagai obat diabetes sepenuhnya. Anda memerlukan obat-obatan yang memadai dari dokter dan bisa didukung dengan ALA.

3. Mengurangi Penuaan Kulit

Penelitian lainnya juga menemukan bahwa alpha-lipoic acid dapat membantu melawan tanda dari penuaan kulit. Dalam sebuah penelitian terhadap manusia menemukan bahwa dengan cara mengoleskan krim yang mengandung alpha-lipoic acid ke area kulit, maka dapat mengurangi garis halus, kerutan, dan kulit kasar tanpa efek samping sama sekali.

Ketika alpha-lipoic acid tersebut menyentuh kulit anda, maka ia akan menggabungkan dirinya sediri dengan lapisan kulit dalam dan memberikan proteksi antioksidan terhadap serangan radiasi ultraviolet yang merusak.

Terlebih lagi, alpha-lipoic acid dapat meningkatkan kadar jenis antioksidan lainnya, seperti glutathione yang dapat membantu menjaga anda dari kerusakan kulit dan mengurangi tanda penuaan.

4. Memperlambat Kehilangan Ingatan

Kehilangan ingatan merupakan masalah umum yang terjadi pada orang tua. Semakin seseorang bertambah usia, maka resikonya pun akan semakin tinggi. Para ahli percaya bahwa kerusakan dari stres oksidasi menjadi biang keladinya. Tetapi Alpha-lipoic acid bisa mengurangi resiko tersebut.

Dikarenakan alpha-lipoic acid merupakan jenis antioksidan yang kuat, maka ia pun memiliki kemampuan dalam memperlambat perkembangan gangguan otak yang ditandai dengan kehilangan ingatan seperti pada penyakit Alzheimer.

Penelitian pada manusia maupun laboratorium keduanya memperlihatkan bahwa alpha-lipoic acid dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dengan cara menetralisir radikal bebas dan menekan peradangan yang terjadi di sana.

5. Mendukung Fungsi Kesehatan Saraf

Penelitian juga tentunya menemukan manfaat lain dari alpha-lipoic acid, salah satunya adalah kemampuannya dalam meningkatkan fungsi kesehatan saraf.

Faktanya, terbukti bahwa alpha-lipoic acid mampu memperlambat perkembangan penyakit CTS (carpal tunnel syndrome) pada tahap awal. Kondisi ini ditandai dengan mati rasa atau kesemutan di tangan yang disebabkan oleh saraf yang terjepit.

6. Mengurangi Peradangan

Peradangan kronis sudah dikaitkan dengan berbagai macam penyakit berbahaya, termasuk kanker dan diabetes. Tetapi seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa alpha-lipoic acid mampu mengurangi beberapa penanda dari peradangan itu sendiri.

Dalam sebuah analisa terhadap 11 penelitian berbeda menemukan bahwa alpha-lipoic acid secara signifikan mampu mengurangi kadar penanda peradangan protein reaktif-C (CRP – C-reactive protein) pada orang dewasa yang sudah memiliki kadar tinggi akan CRP.

Disebutkan pula bahwa alpha-lipoic acid mampu mengurangi berbagai macam penanda peradangan lainnya termasuk NF-kB, ICAM-1, VCAM-1, MMP-2, MMP-9, dan IL-6.

7. Mengurangi Faktor Resiko Penyakit Jantung

Dari sebagian banyaknya manfaat yang bisa dipetik, anda pun bisa meningkatkan kesehatan jantung anda dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung alpha-lipoic acid secara berkala.

Efek antioksidan dari senyawa organic ini bisa menetralisir radikal bebas dan mengurangi stres oksidasi, yang mana telah terkait dengan kerusakan yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

Selanjutnya, alpha-lipoic acid ini pun dapat mengatasi disfungsi pada endotel, yaitu sebuah kondisi dimana pembuluh darah anda tidak mampu membesar dengan baik, sehingga meningkatkan resiko anda terkena serangan jantung dan stroke.

Jadi, tidak hanya penyakit mengerikan diabetes saja yang bisa diatasi dengan alpha-lipoic acid, tetapi juga masih banyak alasan mengapa anda harus mengkonsumsi senyawa organik ini secara teratur.

Sumber: https://www.ncbi.nlm.nih.gov

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel