Tanda Hidung Anak Kemasukan Benda Asing dan Cara Mengatasinya

Rasa keingintahuan pada anak-anak biasanya sangat besar. Mereka akan mengeksplorasi apa saja yang ada disekitarnya. Termasuk memasukkan benda asing ke dalam hidungnya. Lalu bagaimana kita bisa mengetahui hidung anak kemasukan benda asing?

Memasukkan benda kedalam hidung sangat berbahaya karena bisa menghalangi saluran pernapasan dan juga mengakibatkam infeksi. Oleh karena hal itu kita harus mengatasinya agar tidak bertambah parah. 

Tanda Hidung Anak Kemasukan Benda Asing dan Cara Mengatasinya


Sebaiknya kita selalu menjauhkan anak pada benda-benda kecil sepeti kerikil, manik-manik,peniti kecil dan lain-lain. Karena jika benda-benda tersebut masuk kedalam hidung anak maka bukan tak mungkin akan terhirup masuk lebih dalam lagi.

Apabilab benda asing tersebut masuk ke dalam pernapasan bagian bawah maka akan menghalangi udara masuk kedalama paru-paru. Dan akibatnya akan sanagt fatal sekali. Bukan hanya itu, benda asing yang masuk kedalam hidung anak bisa saja membawa bakteri yang berbahaya dan menyebabkan difteri.

Sebenarnya kasus masuknya benda asing ke dalam hidung anak tidak akan menjadi berbahaya dan fatal, jika benda asing tersebut bisa keluar dengan sendirinya melalui hidung atau mulut. Akan tetapi masuknya benda asing tersebut akan sangat berbahaya jika kita tidak segera menanganinya. 

Tanda hidung anak kemasukan benda asing


Berikut adalah tanda-tanda anak jika kemasukan benda asing pada hidungnya :

  • Biasanya anak akan terlihat gelisah dan menangis, serta mengeluhkan rasa sakit pada hidungnya.
  • Anak akan mengalami kesusahan dalam bernapas melalui hidung 
  • Akan terdengar suara sepsrti siulan ketika anak sedang menghirup udara melalaui hidung,padahal anak tidak sedang pilek 
  • Hidung anak akan mengeluarkan ingus bening, abu-abu ataupun ingus yang bercampur dengan darah. Serta kadang-kadang ibgus itu menjadi berbau biasanya menandakan bahwa hidung anaka mengalami infeksi 
  • Terjadi mimisan pada anak 

Pertolongan Pertama hidung anak kemasukan benda asing


Disaat hidung anak kemasukan benda asing, maka pertolongan pertama yang harus kita lakukan pada anak adalah : 

1. Tetap Tenang


Usahakan jika hidung anak kemasukan benda asing maka kita jangan panik dan tetap tenang. Jika orang tua terlihat panik maka anak biasanya akan khawatir dan menangis. Padahal ketika anak menangis maka benda asing yang ada di hidungnya bisa masuk lebih dalam lagi menuju saluran pernapasan atas.

Disamping itu kita juga harus menenangkan si kecil dan beri pengertian bahwa kita akan berusaha mengeluarkan benda asing yang terdapat pada hidungnya.
Mintalah anak untuk mendengus

Apabila keadaan anak sudah mulai tenang, maka mintalah anak untuk mendengus kuat agar benda kecil tersebut bisa keluar. Apabila benda kecil tersebut belum bisa keluar maka kita bisa bantu untuk mengeluarkannya.

Tetapi perlu diingat bahwa kita tidak boleh membantu mengeluarkannya dengan mencungkil menggunakan jari. Karena membuat benda kecil tersebut bisa saja masuk lebih dalam lagi menuju pernapasan bawah.

2. Keluarkan dengan menggunakan pinset kecil


Apabila hidung anak kemasukan benda asing maka mintalah anak untuk bernapas melalui mulutnya. Lalu ketika anak sudah tenag maka kita bisa bantu mengeluarkan benda asing tersebut dengan mengunakan pinset yang berukuran kecil.

Jepit benda asing tersebut dengan pinset kecil secara hati-hati. Namun jika pinset menyebabkan benda asing menjadi masuk kedalam maka jagan diteruskan lagi. Tetapi bawa anak ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

3. Gunakan mother kiss atau ciuman ibu


Kita bisa menggunakan metode ini dengan cara membungkam mulut anak dengan mukut kita. Lalu blokirlah hidung anak yang tidak tersumbat benda kecil dengan menggunakan jari kita. Setelah itu berikan tiupan yang keras pada mulut anak. Dengan memberikan tekanan yang kuat tersebut maka biasanya benda asing akan keluar. 

4. Segera bawa anak ke dokter


Apabila pertolongan pertama yang kita lakukan belum berhasil maka kita perlu membawa anak ke dokter umum atau dokter spesialis THT. Biasanya dokter akan membantu mengeluarkan benda asing tersebut dengan menggunakan alat khusus yang dimilikinya.

Biasanya sebelum dokter mengeluarkan benda asing yang terdapat dalam hidung anak maka dokter akan meneteskan atau menyemprotkan hidung anak dengan menggunakan obat bius. Bius lokal ini dimaksudkan agar anak tidak merasakan sakit pada saat dokter melakukan penanganan.

Selain diberikan bius lokal pada hidung maka dokter juga akan memberikan obat agar tidak terjadi pendarahan pada hidungnya. Setelah benda asing dapat dikeluarkan dari hidung, maka dokter akan memberikan antibiotik yang digunakan untuk mencegah infeksi dan peradangan pada hidung. 

Tips Mencegah hidung anak kemasukan benda asing


Sebenarnya jika anak kemasukan benda asing,biasnya akan keluar dengan sendirinya. Akan tetapi karena komplikasi yang berbahaya akibat masuknya benda asing tersebut maka kita juga harus selalu berhati-hati dan mengawasi anak ketika bermain.

Disamping itu kita juga perlu menjauhkan benda asing dan berukuran kecil pada anak-anak. Berikan selaku pengertian bahwa benda kecil dan asing tidak boleh dimasukkan kedalam hidung karena berbahaya.

Anak juga perlu diberikan pengertian cara bermain dengan benda kecil. Agar benda kecil tersebut tidak disalahgunakan oleh anak.

Apabila hidung anak kemasukan benda asing usahakan kita jangan terlalu panik, tetapi bantu ia untuk mengeluarkan benda asing tersebut.

Namun apabila kedua hidung anak kemasukkan benda asing dan menyebabkan anak menjadi sukit bernapas maka segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan kebih lanjut.

Itukah beberapa cara yang harus dilakukan ketika hidung anak kemasukkan benda asing. Semoga beemanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel